Book - 360 LeadershipJudul: The 360 Degree Leader

Penulis: John C. Maxwell

Penerbit: Buana Ilmu Populer (BIP)

ISBN: 978-979-074-696-1

Cetakan: IV (Juni 2012)

Tebal: 402 halaman

Book Reviewer; Pamung Amiadi

“Tetaplah tidak mementingkan diri sendiri dalam segala upaya Anda. Cobalah untuk menjadi seorang duta bagi para kolega dan pelanggan. Niscaya diri Anda jadi lebih menonjol, beroleh kredibilitas, dan efektifitas meningkat. Ganjarannya, Anda kian memperluas lingkaran pengaruh.” (halaman 242).

Buku setebal 402 ini menjadi referensi utama dalam bidang pengembangan diri, utamanya mereka yang belajar tentang kepemimpinan. Para pimpinan instansi, lembaga, organisasi maupun dalam lingkup para professional : pembicara, trainer, konsultan manajemen, motivator dan leader tak segan untuk belajar banyak, baik langsung maupun tak langsung dengan sang founder dan leader John C. Maxwell.

Buku ini pun sangat recommended dibaca siapapun yang berfokus untuk peningkatan kualitas diri dan hidupnya. Tak peduli apa pun kondisi yang dihadapi, batasan (limit) terbesar untuk menjadi pemimpin efektif bukan orang lain atau lingkungan sekitar, melainkan semangat (spirit) dalam diri.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, John C. Maxwell berbagi pemahaman kepemimpinannya melalui teori yang dituangkan dalam The 360 Degree Leader. Buku ini memuat cara menjadi pemimpin efektif. Baik pada ranah personal (personal development) maupun organisasional (organizational improvement).

Politisi menjadi opening yang menawan. Bukan karena profesinya yang terdengar populis, tapi lebih karena citra politisi saat ini sedang down grade. Istilah ini sudah terlanjur problematik. Dalam arti, cenderung memunculkan konotasi negatif bagi banyak kalangan. Dalam konteks kenegaraan (Indonesia) masyarakat kita merasakan bahwa profesi politisi adalah profesi dengan tingkat kewibawaan dan kepercayaan yang sudah terlanjur rendah.

Mengacu definisi Webster’s New Universal Cambridge Dictionary, dikatakan bahwa politikus ialah seseorang yang terlibat di politik (khususnya berskala kecil) untuk kepentingan partai atau keuntungan pribadi. Seorang politikus biasanya tidak jujur.

Menjelaskan tentang kepemimpinan/leadership, buku ini mengupasnya dalam 7 bagian yang saling terkoneksi-komprehensif, itulah mengapa disebut 360⁰, seperti lingkaran utuh, bulat. Setiap bab-nya sangat relevan dengan probematika yang dihadapi dalam kepemimpinan.

 

Bagian I

Tentang Memimpin dari Bagian Tengah Organisasi.

Menjelaskan tentang 7 mitos kepemimpinan, yaitu

Mitos #1 Posisi : Saya tidak bisa memimpin jika saya tidak berada di posisi teratas

Mitos #2 Tujuan : Saat saya mencapai puncak, barulah saya akan belajar untuk memimpin

Mitos #3 Pengaruh : Jika saya sudah berada di puncak, orang pasti akan mengikuti saya

Mitos #4 Tidak Berpengalaman : Saat saya sampai puncak saya akan memegang kendali

Mitos #5 Mitos Kebebasan : Saat saya sampai di puncak, saya tidak akan dibatasi lagi

Mitos #6 Potensi : Saya tidak dapat mencapai potensi saya jika saya bukan pemimpin tertinggi

Mitos #7 Semua atau tidak sama sekali

 

Bagian II

Tantangan yang dihadapi Pemimpin 360 Derajat.

Menjabarkan 7 tantangan yang dihadapai para pemimpin, yaitu :

Tantangan #1 – Tantangan Ketegangan : Tekanan karena terperangkap di Tengah

Tantangan #2 – Tantangan Kefrustasian : Mengikuti Seorang pemimpin yang tidak efektif

Tantangan #3 : Tantangan Banyak Topi

Tantangan #4 : Tantangan Ego

Tantangan #5 : Tantangan Pemenuhan

Tantangan #6 : Tantangan Visi

Tantangan#7 : Tantangan Pengaruh

 

Bagian III – Prinsip-Prinsip yang dipraktekkan pemimpin 360 derajat untuk memimpin ke atas

Bagian IV – Prinsip yang diperlukan Pemimpin 360 derajat untuk memimpin ke samping

Bagian V – Prinsip yang dibutuhkan Pemimpin 360 derajat untuk Memimpin ke Bawah

Bagian VI – Nilai dari Pemimpin 360 derajat

 

Di dalam buku The 360⁰ Leader, penulis terlaris, pembicara, dan konsultan berkelas international, John C. Maxwell, memperlihatkan bagaimana 99% dari seluruh kepemimpinan di sebagian besar organisasi di bagian tengah. Ia juga berbagi rahasia mengenai cara untuk memperbesar pengaruh, dimanapun kita berada saat ini. The 360⁰ Leader menghancurkan mitos-mitos kepemimpinan. Selanjutnya kita akan menjelajahi berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pemimpin 360⁰.

Upaya untuk memperluas lingkaran pengaruh adalah keniscayaan bagi para pemimpin, tetapi acapkali ini sangat sulit dilakukan karena tidak mengenakkan. Manusia cenderung lebih memilih berada di lingkungan/zona nyaman dan aman. Padahal sejatinya, keluar dari zona nyaman (comfort zone) dapat memperbaiki diri. Keluar dari zona nyaman membuka peluang bagi lahirnya ide-ide segar.

Pengalaman baru dapat mendorong seseorang untuk melihat dari sudut pandang berbeda. Alhasil, ia dapat menemukan metode baru dan ketrampilan (skill) tambahan, sehingga relatif menjadi lebih inovatif.

Maxwell memberi resep praktis, “Mulailah dengan mereka yang berada di zona kenyamanan Anda. Bukankah semua teman Anda memiliki seorang teman yang bukan teman Anda?” (hlm 247).

Kemudian, dengan sangat jelas dan tegas sebagaimana pemimpin sejati bertindak, John Maxwell mengingatkan kita untuk mempelajari prinsip-prinsip memimpin dengan 360⁰ :

  • Memimpin ke atas : meringankan beban pemimpin kita; mau melakukan apa yang tidak mau dilakukan orang lain; dan sadar sepenuhnya kapan harus mendorong (push) dan kapan harus menahan diri.
  • Memimpin ke samping : melengkapi sesama pemimpin selevel / peers (tanpa menyaingi); membiarkan gagasan terbaik menang; menjalankan “lingkaran kepemimpian”.
  • Memimpin ke bawah : Berjalan menyusuri lorong kantor secara perlahan; memindahkan visi; menghargai hasil.

 

Melalui buku ini, Maxwell telah memberi penjelasan kepada para pemimpin (posisi) bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik sehingga para pemimpin di level menengah atau anak buah mereka dapat berkembang lebih pesat lagi!

Mitos-mitos “menyesatkan” yang berhasil didobrak oleh John C. Maxwell. Sangat bijaksana dan praktis, tak lekang dimakan waktu, dan poin-poin yang diungkapkan sangat relevan dengan berbagai tantangan kerja yang penuh tuntutan dewasa ini.

Pemakaian analogi dan majas metafora menjadi kekuatan penulis dalam menerangkan teorinya. Sangat inspiratif danmenggugah. Selamat membaca!

Inspirator Academy - Book Review - 360 Leadership - Pamung Amiadi

RelatedPost

RUANG INSPIRASI

Daftar dan belajar di Ruang Inspirasi, belajar bersama 8 Mentor hebat!

RUANG INSPIRASI

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!