Book - Semua Bisa Jadi PengusahaJudul: Semua Bisa Jadi Pengusaha

Penulis: Yusuf Mansur

ISBN: 978-979-063-792-4

Penerbit: Zikrul Hakim

Tebal: 336 halaman

Tahun Terbit: 2012

Book Reviewer: Fatkhurokhman

Di bagian pertama rangkaian pembelajaran “Semua Bisa Jadi Pengusaha” perlu kita ingat bahwa tidak ada kedudukan yang lebih baik antara menjadi seorang pengusaha dan menjadi seorang pekerja kecuali mereka yang bertakwa kepada Allah swt. Artinya tidak benar bahwa pengusaha itu jauh lebih baik dari pada pekerja. Kalimat tersebut masih belum selesai dan harus di sempurnakan.

Menjadi pekerja yang soleh akan lebih hebat dibandingkan dengan pengusaha yang tidak soleh, menjadi pekerja yang rajin sholat malam, rajin sholat dhuha, rajin berderma, sayang dan berbakti kepada orang tua, akan jauh lebih baik dari pada pengusaha yang tidak ingat saudara-saudaranya, tidak ingat keluarganya, tidak ingat Allah dan rasulnya.

Selanjutnya visi misi menjadi seorang pengusaha, ini ada strata nya sendiri atau tingkatan-tingkatannya. Visi misi tertinggi dari menjadi seorang pengusaha adalah untuk menegakan kalimat Allah. Lalu kemudian bermanfaat bagi manusia, bagi sesama dan bagi alam. Selanjutnya turunan visi misi ini misalkan di ringkas menjadi “khoirunnas, anfauhum linnas” Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya buat manusia yang lain. Jadi visi kita untuk menjadi seorang pengusaha jika di urutkan akan menjadi : yang pertama visi misi kita adalah Allah, kedua adalah Rasulullah, ketiga kepada Ibu dan Ayah (orang tua) keempat adalah Keluarga (Istri, anak-anak) kelima adalah alam semesta, ini nanti bisa berarti manusia yang lain dan lingkungan.

Oleh karena itu, sekali lagi untuk menjadi kaya itu sebenarnya sederhana, misalkan kita ingin rumah lalu carilah rumah siapa yang ingin dijual selanjutnya kita datangi rumah itu dan bilang sama Allah, “Ya Allah ini rumah mau dijual, boleh nggak saya punya rumah ini? Kalau boleh, kasih saya duitnya ya Allah. Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa’ala ali sayyidina Muhammad. Kemudian esok harinya kita ngomong lagi sama Allah bahwa kita sangat ingin punya rumah, ngomong dan juga di iringi dengan sholawat. Begitu seterusnya insya Allah akan punya juga, jika semua orang kalau modalnya adalah Allah maka dia punya kesempatan yang sama untuk kaya semua sama. Artinya kita harus cari alasan lain yang membuat Allah Swt betul-betul membuat kita ini menjadi seorang pengusaha, maka dari itu luruskan niat.

Berdoa menjadi modal yang paling ringan, mudah dan murah bagi siapapun yang ingin menjadi pengusaha. Dengan berdoa, maka yang miskin bisa, Yang kaya pun bisa, dan yang tidak punya apa-apa kecuali Allah swt, yakinlah doa itu akan bekerja. Tentu jika kita sudah punya modalnya. Jadi selain Allah, misal kita sudah punya keahlian, sedikit modal uang dan sudah ada 1 relasi, sudah ada 1 pekerjaan. Kita pun sudah punya turunan atau punya keluarga, ya sudah tentu ditambah doa jadi dahsyat. Untuk semakin kuatnya doa, ini kelengkapan doa. Untuk content terserah kita saja mau dipakai untuk urusan apa, pertama Bismillah, kemudian Shalawat… istighfar…hamdalah, baru content doa. Setelah content, istighfar lagi, shalawat lagi, hamdalah lagi, syukur-syukur di lantari sama yang namanya sabar dan shalat, jika seperti ini insya Allah akan jadi doa yang luar biasa.

Seperti yang kita ketahui kelengkapan doa itu sendiri yaitu mengucapkan basmAllah, shalawat, istighfar, hamdalah. Selanjutnya untuk menambah power doa itu sendiri kita perlu tahu apa itu seni berdoa. Salah satu diantara seni berdoa adalah melakukan visualisasi atas doa itu sendiri. Ketika kita menyebutkan bismillahirrahmanirrahiim, kita harus melakukan visualisasi. Bahwa kita ini bismillah jadi dengan nama Allah, artinya dengan nama Allah kita memohon usaha ini, bukan dengan sekedar modal, network jaringan, turunan, pengalaman. Bismillahirrahmanirrahim Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ketika kita menyeru shalawat Allahumma shalli alaa sayyidina muhammad wa alaa ali sayyidina muhammad. Kemudian pada saat yang bersamaan kita visualkan bahwa rasullulah yang kita shalawatkan ini, yang kalau hari jumat shalawatnya dibawa langsung kepada rasullulah lalu oleh Rasulullah di hadiahkan lagi langsung ke kita atas izin Allah, itu mendorong dan mendukung usaha kita.

Seni berdoa yang kedua adalah doain yang lain, dan amal sholeh. Perkara ini adalah hebat sekali menurut saya karena jika kita mau mendoakan yang lain, kekuatan doa itu akan kembali kepada kita dalam bentuk yang mendoakan adalah malaikatnya Allah Swt. Berikutnya setelah mendoakan yang lain adalah amal sholeh, jadi pengusaha itu harus mempunyai amal yang soleh, kalau tidak punya amal seperti ini perjalanan seorang pengusaha akan terasa berat. Misalkan kita tidak mempunyai modal yang cukup akan tetapi jika kita mau berbagi seperti ke nenek tua dengan memberikan sedikit makanan atau memberikan Al-quran ke anak yatim, insya Allah hal seperti ini yang akan membuat seorang pengusaha diberi kemudahan.

Inspirator Academy - Book Review - Semua Bisa Jadi Pengusaha oleh Fatkhurokhman

RelatedPost

RUANG INSPIRASI

Daftar dan belajar di Ruang Inspirasi, belajar bersama 8 Mentor hebat!

RUANG INSPIRASI

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!