Inspirator Academy - Book Review - Outliers - Dika UsmanJudul: Outliers, Rahasia di Balik Sukses

Penulis: Malcolm Gladwell

Penerjemah: Fahmi Yamani

Penerbit: Gramedia

Tebal: 339 halaman

Book Reviewer: Teguh Kaheel

 

 

Buku yang unik, ternyata kesuksesan itu mempunyai pola yang  berada di luar jangkauan pikiran. Bagaimana tahun kelahiran berpengaruh pada kesuksesan seseorang, bagaimana banyak tokoh  hebat lahir dalam situasi yang sulit, bagaimana ide-ide gila tercipta dari masalah yang terlihat sepele, mengubah hal sederhana menjadi luar biasa – semua dibahas di dalam buku ini.

Melalui berbagai penelitian, buku ini memaparkan bagaimana kesuksesan bukan sekadar buah kerja keras semata, melainkan buah dari banyak faktor yang membentuk kesuksesan tersebut. Saya terkejut membacanya, bagaimana Gladwell menulis dari sisi yang berlainan tentang kesuksesan. Menurut Gladwell, Outliers adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan sesuatu atau fenomena yang berada di luar kebiasaan .

Dari awal, buku ini sudah membuat kejutan. Di tahun 1950-an, penyakit jantung menjadi epidemik di Amerika serikat dan menjadi penyebab utama kematian individu berusia di bawah 65 tahun. Namun, di satu daerah, Rosseto Pennsylvania, jarang sekali orang yang meninggal akibat penyakit jantung.

Kemudian, dilakukan penelitian dari pola makan penduduknya. Ternyata, mereka mempunyai pola makan yang sama dengan penduduk Amerika yang lain. Mereka mengonsumsi minyak babi, bahkan tidak sedikit yang perokok berat. Setelah diselidiki lebih jauh, ternyata mereka memiliki kehidupan sosial yang sehat. Masyarakatnya saling menghormati, membantu, menegur sapa, dan saling berkunjung.

Itu outlier pertama yang disuguhkan di buku ini. Semakin jauh halaman yang And abaca, semakin banyak kejutan yang disajikan buku ini. Buku ini mematahkan asumsi orang tentang kesuksesan. Banyak orang tua memberi les kepada anak-anaknya agar mereka lebih pintar dari yang lain. Namun, di buku ini, orang yang kepintarannya melebihi Einstein pun dapat tidak menjadi apa-apa jika outliers itu tidak terjadi.

Buku ini mengajarkan tentang keberanian. Keberanian untuk keluar dari hal-hal yang biasa. Bahwa untuk menjadi sukses bukan tentang seberapa pintar Anda, melainkan kesempatan, lingkungan, dan ketekunan yang akan membuat Anda menjadi ahli.

Buku ini juga menjawab banyak pertanyaan saya. Ternyata, untuk menjadi sukses, saya tidak harus pandai dahulu. Saya hanya perlu “tempat” yang bisa memberi saya arena untuk berlatih dan bertanding. Saya perlu lingkungan dan orang-orang yang memberi saya kesempatan.

Lewat berbagai macam penelitian, buku ini memeberi nasihat yang cukup baik, yang memotivasi bahwa siapa pun bisa sukses. Syaratnya hanya satu: terjadi outliers. Buku ini pun menyadarkan saya, bagaimana saya memengaruhi kesuksesan orang lain. Ternyata, kita dapat menciptakan outliers untuk orang lain. Wow!

Desain cover yang sederhana justru menjadi daya pikat dari penyajian buku ini. Sayangnya, untuk buku terjemahan, perlu dibaca berulang kali karena kadang membingungkan.

Baca buku ini,dan temukan outliers Anda!

Inspirator Academy - Book Review - Outliers - Teguh Kaheel

RelatedPost

RUANG INSPIRASI

Daftar dan belajar di Ruang Inspirasi, belajar bersama 8 Mentor hebat!

RUANG INSPIRASI

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!