Hearty-Service-Cover-Front

Hearty Service oleh Agni S. Mayangsari, agar bisa melayani customer dengan zero complaint.

Judul: Hearty Service

Penulis: Agni S. Mayasari

Penerbit: Gramedia

Penerbit ISBN: 978-602-03-1066-4

Tebal: 228 Halaman

Tahun Terbit: 2014

Cetakan: Pertama

Book Reviewer: Magfirah Rulinda Rizky

 

Berbicara mengenai pelayanan sama halnya membicarakan mengenai peradaban manusia. Sangat dinamis, terus berubah. Hal yang dulunya menarik bisa jadi biasa saja atau bahkan tidak akan disukai pada tahun-tahun berikutnya. Ada beberapa faktor penentu perubahan, diantaranya tuntutan layanan konsumen, tekanan kompetensi, tuntutan kinerja dan tim yang tinggi, perubahan teknologi, dan lain-lain.

Beberapa decade lalu kita masih sering mendengar slogan “pelanggan adalah raja” tapi dengan slogan seperti itu banyak dari pelanggan yang bertindak semena-mena, sehingga slogan itu menyesakkan dada para pemberi pelayanan dalam memberikan service pada para pelanggannya. Tapi, seiring berjalannya waktu slogan tersebut mulai dienyahkan. Banyak perusahaan yang kini menggunakan konsep baru, menyambut tamu atau customer sebagai sahabat dengan menggunakan pendekatan emosional, pendekatan hati. Pendekatan ini akhirnya membuat customer merasa special, friendly, merasa dekat, tidak ada jarak dan seolah termasuk orang yang ada dalam perusahaan tersebut. Karena pelayanan adalah jantung, bagi segala sendi yang ada dalam perusahaan. Apabila jantung bermasalah, maka seluruh organ yang terdapat di dalam tubuh akan bermasalah juga.

Kita cenderung berperilaku sama dengan orang yang memperlakukan kita. Saat kita diperlakukan dengan tidak baik oleh seseorang, kita cenderung untuk menghindari berinteraksi dengan orang tersebut. Dalam dunia bisnis pelayanan ini berarti jika pelayanan yang diberikan oleh kita tidak memuaskan, maka customer tidak mau datang kembali.

“Kegagalan bukanlah saat pelanggan meninggalkan anda tanpa membeli. Kegagalan adalah saat pelanggan meninggalkan Anda tanpa tersenyum

“Siapa yang menyelesaikan kesulitan saudaranya dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesuitan. Niscaya Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat.”

-HR. Muslim-

“Sesungguhnya kalian tidak bias menarik hati manusia dengan harta kalian, tetapi kalian bias menarik hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak mulia.”

–Hadist Riwayat Al-Hakim-

Beberapa langkah yang kita bisa lakukan untuk  memenangi hati pelanggan.

  1. Jaga Hati, untuk bisa menjaga hati maka ia harus selalu ada dalam posisi stabil atau coherent.bila menjadi incoherent, maka respon tersebut akan membuat otak memerintahkan kita berbuat buruk bagi diri kita sendiri. Cara untuk melakukan pendekatan agar jantung bekerja optimal. Green heart technique, atau bias disebut kepasrahan. Refreshing, atau biasa disebut liburan (bias menonton film, membaca buku, melakukan hobby)
  2. Sentuh hati, kunci untuk memberikan pelayanan dengan sepenuh hati adalah sentuh hati pelanggan.
  3. Connecting heart and mind,biasanya bila hati sedang galau, otak tak bias memikirkan strategi mencari solusi. Oleh karenanya saat kita mendapatkan masalah, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat green heart. Jika masih belum membaik maka gunakan teknik resfreshing. Jika hati masih terasa tidak nyaman coba gabungkan ketiga teknik diatas.

Januari_Linda_Hearty

RelatedPost

RUANG INSPIRASI

Daftar dan belajar di Ruang Inspirasi, belajar bersama 8 Mentor hebat!

RUANG INSPIRASI

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!