Dongkrak Omzet Milyaran Dengan Tim Penjualan

Judul: Dongkrak Omzet Milyaran Dengan Tim Penjualan

Penulis: Dewa Eka Prayoga

Book Reviewer: Rizal Dwi Ambodo

 

Buku ini berfokus pada bagimana cara melipatgandakan omzet lewat tim penjualan. Dewa Eka P menganalogikannya dengan peran tokoh Avengers. Avengers merupakan tokoh superhero yang bergabung menjadi satu kesatuan agar lebih ‘dahsyat’ melawan musuh. Jadi, kalau segala sesuatu jika dikerjakan bersama-sama hasilnya akan lebih maksimal daripada dikerjakan sendirian. Begitu juga dengan bisnis kita. Bisnis baiknya dikerjakan secara tim. Tentu saja dengan tim yang solid agar bisnis tersebut berjalan lancar dengan omzet yang terus meningkat.

Nah, bagaimana caranya agar omzet bisnis kita bisa mencapai angka fantastis? Milikilah Tim Penjualan! Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian menarik yang dilakukan HR Chally Group tentang penjualan. Ia meneliti selama 14 tahun (1992-2006) dengan menginterview 210,000 tenaga penjual di 15 industri berbeda, dan lebih dari 80,000 pembeli. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor paling berpengaruh dalam penjualan adalah tim penjualan. Berikut ini rincian hasil penelitian tersebut:

  1. Kompetensi Salesperson 39%
  2. Solusi Total 22%
  3. Kualitas Penawaran 21%
  4. Harga 18%

Tiga faktor pertama dari keempat faktor tersebut diatas ditentukan oleh Tim Penjualan. Wow…

Namun, tim penjualan (reseller) yang hebat merupakan cerminan dari ownernya. Owner yang hebat mencerminkan perusahaan yang dipimpinnya. Sebagai owner, mestinya memiliki visi dan misi yang jelas demi kemajuan perusahaan yang dipimpinnya. Tugas Anda sebagai seorang owner antara lain:

  1. Buat tim penjualan Anda berlomba-lomba menjual produk Anda lebih banyak, lalu berikan reward bagi penjual terbaik.
  2. Buat tim penjualan Anda memberikan service terbaik ke setiap customer. Sediakan fasilitas marketing kit serta script jawaban penolakan dan keluhan pelanggan.
  3. Buat tim penjualan Anda merasa rugi jika targetnya tidak tercapai. Sediakan juga bonus pencapaian agar reseller semakin bersemangat mencapai target.
  4. Buat tim penjualan Anda bangga dengan produk yang mereka jual. Namun, pastikan produk yang dijual bermanfaat dan berdampak, tingkatkan brand bisnis Anda, serta siapkan testimoni tokoh dan customer yang puas.
  5. Buat tim penjualan Anda ‘terpaksa’ memenuhi targetnya. Nuatlah punishment bagi mereka yang tidak memenuhi target

Jika Anda ingin benar-benar menjadi Owner, maka Anda harus memilih sesorang untuk menjadi manajer untuk memastikan strategi dan rencana Anda berjalan baik. Singkatnya, owner menginspirasi, manajer mengeksekusi. Dalam sebuah tim penjualan, owner ditugaskan sebagai leader. Ia bertugas untuk memikirkan rencana strategi dan capaian besarnya. Sedangkan manajer berperan untuk memastikan goal owner tersebut tercapai. Sebagai owner, Anda juga harus mengevaluasi kinerja manajer Anda. Maka, Anda buat target bagi manajer Anda. Ada 3 hal yang harus Anda ukur dari kinerja manajer penjualan Anda, yaitu:

  1. Jumlah reseller per bulan
  2. Penjualan setiap reseller
  3. Tingkat keluar-masuk reseller

Jadi, perbanyaklah tim penjualan (reseller). Karena selain bisa meningkatkan omzet kita sampai berkali-lipat, merekrut tim penjualan juga dapat bernilai ibadah. Mengapa? Karena sama saja kita memberikan lapangan pekerjaan untuknya mereka mencari rezeki.

Januari_Rizal_Dongkrak

RelatedPost

RUANG INSPIRASI

Daftar dan belajar di Ruang Inspirasi, belajar bersama 8 Mentor hebat!

RUANG INSPIRASI

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!