Betapa bahagianya saya ketika pada akhirnya menulis ini. Sebuah hal yang tidak mudah menjadi juri project antologi cerpen dan prosa. Harus deep reading satu per satu untuk kemudian memberi angka di 6 kriteria yang ada. Bisa dibayangkan, membaca total 165 naskah masuk detail satu persatu. Untungnya semua itu terbayar lunas karena naskah berkualitas yang berkompetisi lebih banyak dari yang butuh perbaikan.

Beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penyaringan awal ini :

  1. Ada 3 juri yang terlibat menyeleksi dari 160 menjadi 50 naskah. Saya dan dua orang alumni yang novelnya sudah menembus penerbit major. Dan kami juga ikut berkontribusi dalam proses seleksi ini. Namun kami tidak menilai naskah sendiri. Kami saling menilai satu sama lain agar objektif. Secara nilai, hasilnya kami masuk 50 besar. Tapi tenang saja, untuk menjaga fairness kompetisi ini naskah juri tidak kami masukan dalam 50 naskah yang lolos seleksi pertama. Jadi 50 naskah yang lolos, murni milik peserta.
  2. Naskah juri babak pertama total ada 5 naskah akan tetap diikutkan untuk penilaian 20 besar yang akan diseleksi editor dari penerbit. Untuk menjaga objektifitas, identitas penulis akan kami rahasiakan pada juri dari pihak penerbit. Jadi total yang akan diseleksi menjadi 20 naskah terpilih adalah 55 naskah.
  3. Poin penilaian adalah 0-4 . 0 untuk yang terendah, dan 4 untuk yang tertinggi. Rentang jarak ini yang kami rasa paling mudah untuk memberikan penilaian. Sama seperti angka IPK mu di kampus.
  4. Berikut penjelasan tentang 6 poin penilaian yang ada di dalam tabel :
  5. Kesesuaian Tema : Ini berkaitan dengan tema Hujan, Mantan, dan Masa Depan yang diusung pada project ini. Semakin dekat dengan tema, maka skormu akan lebih tinggi.
  6. Ide Cerita : Dari sisi ide, apakah ceritamu memiliki keunikan atau kekhasan? Nah, semakin unik dan tidak pasaran ide yang kamu angkat poinmu semakin tinggi. Kami menghargai kreatifitas dalam menulis walaupun itu baru sebatas ide.
  7. Alur Cerita : Poin ini lebih menitikberatkan eksekusi ide cerita. Walaupun ide ceritanya brilian, namun alurnya berantakan pesan tidak akan tersampaikan. Jadi semakin pesan tersampaikan, semakin tinggi nilai untuk poin ini.
  8. Diksi : Pemilihan kata. Bagaimana koleksi perbendaharaan katamu. Stok kata-kata yang banyak akan menghasilkan variasi yang cantik pada naskah. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan membaca. Semakin rajin kamu membaca, semakin banyak diksimu.
  9. Kerapian Tulisan : Skill editingmu dipertaruhkan disini. Bagaimana kamu menulis sesuai EBI, penggunaan huruf besar kecil, tanda baca, dialog dan lain-lain masuk ke penilaian di bagian ini. Semakin rapi tulisanmu, semakin tinggi nilaimu.
  10. Faktor X : Bagian ini adalah faktor intuisi juri. Gabungan dari semua faktor yang tidak ada di ke-5 poin sebelumnya. Lebih banyak tentang rasa yang dialami juri saat membaca suatu karya. Semakin mampu suatu karya membuat perasaan juri terhanyut, nilaimu di bagian ini akan semakin besar. Sama seperti seni, sastra pun memiliki faktor X dalam penilaian karyanya.
  11. Kami sengaja tidak menampilkan nama penulis untuk menjaga kerahasiaan/privasi dan sebagai faktor kejutan.  Jadi sebaiknya kamu ingat judul tulisanmu. Jika ada yang sama bagaimana? Anggap saja itu suatu kejutan selanjutnya.
  12. Mungkin ada kamu yang bertanya-tanya. Ini kalau sudah diberikan skor, berarti udah ketahuan 20 naskah terbaik yang akan dibukukan donk? Eits, belum tentu. Hasil skor ini adalah penilaian tahap awal. Menyaring dari 50 ke 20, dilakukan oleh juri yang berbeda. Sudut pandang dari editor yang bertahun-tahun menyeleksi naskah fiksi yang layak terbit pasti berbeda dari sudut pandang 3 juri awal. Bisa jadi nanti dalam faktor X nya, mereka memasukan unsur tentang laku tidaknya suatu naskah di pembaca saat ini. Bahkan, mari kita berdoa agar juri jatuh hati dan berani menerbitkan naskah terpilih di penerbit major. Who knows? Mereka kan penentu kebijakan.

 

Sebelum download pengumumannya di link bawah ini, jangan lupa ucapkan..

 

BISMILLAH..

HASIL PENILAIAN TAHAP I PROJECT HUJAN, MANTAN, DAN MASA DEPAN

 

Best Regards,

Brili Agung

Mentor Menulismu

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Content is protected !!