Presentasi adalah sebuah komunikasi yang kompleks. Bayangkan jika seandainya, audiens yang ada dihadapan Anda tidak mengerti apa yang disampaikan dan selanjutnya presentasi kita menjadi tidak ada maknanya. Anda mau seperti itu? Jadi, mari menjadi komunikator yang baik untuk calon komunikan kita.

Slide presentasi tentunya sudah sangat tidak asing digunakan oleh semua kalangan. Tapi tahukah Anda? Sebanyak 82% dari para pembuat slide yang dibuat oleh semua kalangan tadi, hasilnya adalah tidak layak untuk ditampilkan. Dalam artian, informasi yang disampaikan juga tidak sempurna sebagaimana mestinya. AK-47 adalah analogi yang sempurna untuk slide yang gagal menyampaikan informasi, karena slide yang dibuat mampu membuat audiens bosan, mengantuk lalu tertidur dan setelah itu apa yang disampaikan seperti asap knalpot kopaja dan SELAMAT! Anda sudah menembak audiens untuk menjadi bosan atau bahkan sampai tertidur hanya karena ‘slide presentasi’ yang Anda buat.

Slide presentasi yang sederhana, bagus dan layak dilihat akan menyempurnakan niat baik anda sebagai komunikator. Bahkan Bill Gates saja selalu mengupgrade slide presentasi yang akan ditampilkan agar informasi dapat mendarat dalam pesan dan kesan yang baik nan harmoni.

Mungkin kamu yang membaca ini berfikir bahwa ‘seseorang masih bisa mengandalkan teknik delivery yang baik dan tidak perlu fokus hanya pada slide yang dibuat’, Anda yakin dengan pernyataan seperti itu? Slide adalah Brand Ambassador, sebuah Brand yang dapat merepresentatifkan kepribadian sesorang dan tentunya sebagai komunikator yang baik seharusnya dapat menjadikan slide presentasinya sebagai brand positive-nya.

Teknologi sudah semakin canggih, jangan jadikan slide presentasi hanya sebuah fitur tambahan saja, manfaatkan teknologi yang ada dengan maksimal. Jadikan teknologi yang ada untuk membuat slide yang dapat dijadikan sebagai media penggugah hati audiens dan pemikat rasa penasaran dengan informasi yang akan anda sampaikan. Untuk itu mari belajar bersama agar niat baik untuk menyampaikan informasinya menjadi harmoni.

Suasana Harmoni MSDH Batch 1 di BPJS Ketenagakerjaan

Oktober Ceria sebutan yang cocok dalam pelatihan MSDH kali ini. Inspirator Academy mendapat kesempatan berkerja sama kembali dengan Artistik Salindia Lima dan tentunya tidak lepas dari peran penting Bang Andy Sukma Lubis selaku CEO dari Artistik Salindia Lima sekaligus trainer workshop MSDH.

Para peserta dibagi menjadi dua batch. Batch 1 pada tanggal 24-25 Oktober 2017 sebanyak 16 orang dan Batch 2 pada tanggal 26-27 Oktober 2017. Antusiasme para peserta untuk mendapatkan ilmu melukis slide sangat diluar dugaan. Peserta kali ini berasal dari suatu institusi jaminan sosial dan proteksi ketenagakerjaan di Indonesia yakni BPJS Ketenagakerjaan. Peserta dengan kemampuan mendesain dan latar belakang yang berbeda menjadikan suasana begitu hidup dan saling melengkapi. Taste seseorang dapat dinetralisir dengan baik pada batch ini. Peserta dengan kemampuan desain yang mapan menjadikan peserta lainnya bersemangat untuk belajar lebih baik lagi.

Semua teknik yang disampaikan dapat dimengerti dan dipraktikan dengan baik oleh peserta, mulai dari teknik dasar, pemilihan gambar yang layak, background yang tepat, ukuran serta jenis font, pemilihan warna dan semua teknik desain dalam pembuatan slide. Para peserta pun memahami bahwasannya membuat slide presentasi sama halnya dengan membuat desain. Menyampaikan sebuah presntasi harus pula memakai hati, kali ini para peserta balajar menuangkan perasaannya pada slide dengat teknik yang sudah dipaparkan. Selama dua hari para peserta menunjukan kreativitas yang baik dan mereka menangkap baik bahwasanya good design is a language.

Related Post

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!