Slide presentasi dibuat untuk membantu presenter menyampaikan pesan dan menggerakkan audience untuk ACTION!

Dalam sebuah presentasi, jika slide presentasi yang Anda buat yang dirancang untuk menyukseskan acara, membantu audience mencerna lebih cepat dan memahami pesan tapi tidak sesuai dengan harapan, bisa jadi ada masalah dengan slide presentasinya. Membuat slide presentasi memang susah-susah gampang, atau gampang-gampang susah. Gampang tapi tak segampang copy dan paste. Susah tapi tak sesusah membuat materi. Jika membuat slide presentasi benar-benar pastikan media yang dibuat benar-benar mendukung presentasi, bukan sebaliknya menjadi backfire bagi presenter.

Fenomena membuat slide presentasi yang asal-asalan dan membuat audience tidak mendapatkan ilmu yang optimal menjadi patokan awal event Melukis Slide Dengan Hati (MSDH). Inspirator Academy dan Artistik Salindia Lima bekerja sama menyelenggarakan MSDH batch ke-14 di Jakarta. Selama 2 hari (30 April dan 1 Mei 2016) semua peserta mendapatkan pembekalan dan langsung praktek membuat slide presentasi. Dari awal acara, bahkan sebelum workshop dimulai, peserta sangat antusias dan melemparkan banyak pertanyaan, Bang Andy Sukma Lubis dengan calm menjawab:

Gampang! Nanti saya kasih tahu…

Melukis Slide Dengan Hari batch 14

Kenyataannya memang gampang setelah tahu ilmunya dan mempraktekannya. Terkadang batu ganjalannya memang kurangnya mengeksplorasi dan mengoptimalkan software presentasi. Terjawab sudah pertanyaan-pertanyaan tentang semua problem saat membuat slide presentasi. Suasana yang fun membuat peserta yang mempunyai latar belakang beraneka ragam tetap menikmati workshop sampai akhir.

Empat belas peserta tidak hanya mendengarkan ilmu, tips dan trik dari Bang Andy, tapi juga langsung praktek mendesain slide. Bagian paling menyita banyak waktu, tapi semua dinikmati karena semua peserta seperti mendapatkan mainan baru. Tak sampai itu saja, setiap peserta juga menunjukkan hasil karya slide presentasi yang dibawakan di depan semua peserta lainnya.

Membuat slide presentasi sama halnya dengan membuat sebuah desain, tidak hanya menggunakan otak tetapi juga menggunakan hati, agar slide presentasi kita dapat menyentuh dan menggerakkan hati audience.