Book - Mengembangkan Kepemimpinan Di Dalam Diri AndaJudul: MENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN DI DALAM DIRI ANDA

Penerbit: BINARUPA AKSARA

Penulis: JOHN C. MAXWELL

Alih Bahasa: Anton Adiwiyoto

ISBN: 979-764-041-8

Tebal: 213 halaman

Tahun Terbit: 1995 (Cetakan Pertama)

Book Reviewer: Puguh Setyo Nugroho

 

Bicara mengenai kepemimpinan, banyak orang yang menginginkannya bahkan ada seseorang yang rela melakukan apapun untuk mendapatkannnya. Ada suatu pengertian yang salah mengenai arti kepemimpinan yang banyak orang pahami dan buku ini menjelaskan secara rinci mengenai arti kepemimpinan secara rinci dan sitematis mengenai apa itu kepemimpinan dan bagaimana cara “mengembangkan Kepemimpinan di dalam diri anda” dan hal yang akan kita pelajari di dalam buku ini adalah mengenai definisi kepemimpinan, bagaimana menuju kepemimpinan, faktor kepemimpinan apa saja yang paling penting, ujian terpenting dalam kepemimpinan, cara yang paling cepat untuk meraih kepemimpinan, ekstra plus dalam kepemimpinan, bagaimana mengembangkan aset yang paling berharga, kulaitas kepemimpinan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, label haga dari sebuah kepemimpinan, dan pelajaran kepemimpinan yang paling penting.

“kunci sukses dalam  usaha apa saja adalah kemampuan memimpin orang lain secara sukses”

Pada bab satu menyimpulkan bahwa kepemimpinan adalah pengaruh, tujuan dari buku ni adalah untuk membantu kita menerima kepemimpinan sebagai pengaruh yaitu kemampuan untuk mendapatkan pengikut yang loyal.

Wawasan tentang pengaruh, setiap orang mempengaruhi seseorang dan menyadari potensi kita sebagai pemimpin adalah tanggung jawab kita sendiri dan kita tidak penah tau siapa atau seberapa banyak orang kita pengaruhi. cara yang paling efektif untuk memahami kekuatan pengaruh adalah memikirkan saat-saat ketika kita tersentuh oleh pengaruh seseorang atau suatu peristiwa, dan pada dasarnya Pengaruh adalah keahlian yang bisa dikembangkan. Ada 5 tingkat kepemimpinan yang sebaiknya kita pahami

  1. Kedudukan
  2. Izin
  3. Produksi
  4. Pengembangan manusia
  5. Kemampuan menguasai pribadi

Lalu, bagaimana cara untuk memanjat tangga kepemimpinan?

Pada bab dua kita akan belajar bagaimana menuju kepemimpinan yaitu “Prioritas”

Bagaimana cara orang memprioritaskan tanggung jawab menandai perbedaan utama antara pemimpin dan pengikut.

Prinsip pareto (prinsip 20/80) sukses adalah realisasi progesif sebuah tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Contoh prinsip pareto dalam hal waktu : 20% waktu kita menghasilkan 80% hasil, dalam berbagai hal harus ada unsur efisiensi dan efektifitas yaitu efisiensi adalah landasan untuk kelestarian serta efektivitas adalah landasan sukses.

“bukan sekeras apa kita berkerja yang penting secerdik apa kita berkerja dalam hal prioritas, sebagai seorang pemimpin seharusnya kita bisa untuk memprioritaskan tugas,antara yang penting dan mendesak. Dan dalam hal prioritaslah yang membedakan antara pengikut dan pemimpin dalam cara pengambilan keputusan.

Pada bab tiga penulis mendeskripsikan faktor yang paling penting dari kepemimpinan adalah “integritas” yaitu keselarasan antara perkataan dan perbuatan. Bahasa sederhananya yaitu bagaimana memimpin dengan contoh. Integritas erat hubungannya dengan citra diri yaitu apa yang dipikirkan orang lain mengenai diri kita, buku ini menjelaskan mengapa integritas begitu penting antara lain:

  1. Integritas membina kepercayaan
  2. Integritas punya nilai pengaruh tinggi
  3. Integritas memudahkan standar tinggi
  4. Integritas menghasilkan reputasi yang kuat bukan hanya citra
  5. Integritas berarti menghayatinya sendiri sebelum memimpin orang lain
  6. Integritas membantu seorang pemimpin dipercaya, bukan hanya pintar
  7. Integritas adalah prestasi yang harus dicapai dengan susah payah

(halaman 37-50)

Bab empat menjabarkan ujian terpenting kepemimpinan yaitu: menciptakan perubahan positif, seiring berjalannya waktu perubahan adalah hal yang pasti terjadi dan pemimpin adalah sarana perubahan suatu kelompok atau organisasi manapun. Dijelaskan juga mengapa banyak orang yang melawan perubahan banyak sekali yang harus kita pelajari disini mengenai perubahan itu sendiri. pada

Pada bab lima kita akan belajar cara tercepat untuk meraih kepemimpinan yaitu Pemecahan Masalah, bab ini menydarkan kita bahwa kita semua pasti mempunyai masalah maka dari itu keahlian dalam hal memecahkan masalah akan selalu diperlukan, namun setidaknya masalah akan memberikan makna terhadap kehidupan kita tergantung bagaimana perspektif kita dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah tesebut. Ujian bagi seorang pemimpin adalah kemampuan untuk mengenali masalah sebelum menjadi keadaan darurat.

Bab enam hal yang harus dimiliki oleh calon pemimpin adalah sikap. Pemimpin besar memahami bahwa sikap akan mendapatpkan suasana yang tepat pula, yang memungkinkan tanggapan yang benar dari orang lain. “sikap kita adalah aset yang paling penting” karena di dalam kehidupan 10% adalah apa yang terjadi di dlam iri kita dan 90% bagaimana kita bereaksi terhadapnya bisa disimpulkan bahwa tidak mungkin orang dengan sikap buruk bisa terus-menerus sukses. ini adalah bab yang paling inti karena kita dituntut untuk bersikap positif terhadap diri kita sendiri sebelum memimpin orang lain, lalu bagimana cara mengubah sikap?

Ada enam tahap dalam proses perubahan sikap yaitu:

  1. Mengidentifikasi perasaan masalah
  2. Mengidentifikasi perilaku masalah
  3. Mengidentifikasi pemikian masalah
  4. Mengidentifikasi pemikran yang benar
  5. Membuat komitmen di muka umum terhadap pemikiran yang benar
  6. Mengembangkan rencana untuk pemikiran yang benar

Penulis memberikan rahasia bagaimana mengembangkan aset yang paling berharga, yaitu “Manusia” pada bab tujuh mendeskripsikan secara rinci prinsip untuk pengembangan sumberdaya manusia yang merupakan aset terpenting dalam kepemimpinan “orang yang mempengaruhi orang lain untuk memimpin adalah pemimpin tanpa keterbatasan”. Untuk dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain penulis juga menjelaskan bagaimana cara kita dapat memenuhi “rasa lapar” ya.. rasa lapar akan sesuatu, apakah itu pengakuan, teman,pengertian, cinta – dan daftar ini tidak akan ada habis-habisnya. Penulis juga memberikan wejangan pada bab ini bagaimana cara memotivasi orang dengan peran serta tujuan, kekecewaan positif, pengakuan serta harapan yang jelas. Dan uniknya lagi buku mengajak kita untuk ber instropeksi diri dengan pertanyaan yang menggelitik hati.

Pada bab delapan kita diajak untuk mengetahui kualitas kepemimpinan yang harus ada, yaitu “wawasan” semua pemimpin besar memiliki dua hal: pertama, mereka tahu ke mana mereka akan pergi, dan kedua, dan mereka bisa membujuk orang lain untuk mengikuti. Seorang pemimpin tidak pernah membawa pengikutnya lebih jauh daripada yang ditempuhnya, dan pada bab ini juga menjabarkan hal apa saja yang dapat menghambat wawasan, apa saja itu.. bisa anda lihat di halaman 157-166

Bab sembilan menuliskan mengenai “disiplin pribadi”, kedisiplinan merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh pemimpin karena hal itu berkaitan erat dengan integritas diri seorang pemimpin. Memang perlu proses untuk mengembangkan disiplin pribadi.

Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk siapa saja terutama bagi mereka yang memiliki kemauan atau sedang menjalankan bisnis atau sedang dalam proses belajar dalam hal kepemimpinan di dalam organisasi masyarakat, kampus dan yang lainnya . Buku mengembangkan kepemimpnan di dalam diri anda ini banyak sekali kiat bagaimana manjadi pemimpin yang disegani yang sangat bermanfaat untuk pengembangan pribadi dan organisasi yang Anda pimpin. Untuk Anda yang sudah menjadi pemimpin organisasi apapun. buku ini dapat  menjadi sebuah acuan dalam mengambil organisasi Anda atau mungkin bisa saja memberikan satu pandangan yang bagus untuk oganisasi yang anda pimpin sekarang, sehingga Anda dapat melihat satu hal dari sudut yang berbeda.

Inspirator Academy - Book Review - Mengembangkan Kepemimpinan Di Dalam Diri Anda oleh Puguh Setyo Nugroho