Book - Good to GreatJudul: Good To Great (Baik Menjadi Hebat)

Penulis: Jim Collins

Penerbit: Karisma  Publishing Group

Tahun Terbit: 2004

Book Reviewer: Jajang Hidayat

 

Jujur membuat sedikit depresi, belajar menjadi baik saja ternyata tidak cukup. Buku ini mengajarkan saya menjadi leader yang hebat, karena apa ? baik saja tidak cukup.

Berikut ini beberapa hal yang saya tangkap dari membaca buku karangan Jim Colins, Yaitu :

  • Untuk beranjak dari baik-menjadi-hebat kita perlu memahami secara mendalam tiga lingkaran yang saling berpotongan menjadi konsep sederhana, jelas ( Konsep Landak)

 

KONSEP LANDAK TIGA LINGKARAN

  • Kuncinya adalah memahami dibidang apa organisasi anda dapat menjadi paling baik di dunia, dalam hal yang sama penting adalah dibidang organisasi sama sekali tidak dapat menjadi paling baik bukan apa yang “diingininya” untuk menjadi paling baik. Konsep landak bukan sasaran, strategi, atau keinginan, itu adalah pemahaman.
  • Bila anda tidak dapat menjadi paling bail didunia dalam bisnis inti anda, maka bisnis inti anda tidak dapat dijadikan dasar dari konsep landak anda.
  • Pemahaman “ paling baik didunia “ anda standar yang jauh lebih keras ketimbang kopentensi inti. Anda mungkin mempunyai kompetensi tetapi tidak selalu mempunyai kapasitas untuk benar-benar menjadi yang paling baik di dunia dalam kopentensi itu. Sebaliknya, mungkin ada aktifitas yang didalamnya anda dapat menjadi yang paling baik didunia, tetapi saat ini anda belum mempunyai kompentensi itu.
  • Untuk memiliki pemahaman mengenai penggerak dari mesin ekonomi anda, carilah satu pembagi ( laba per x atau, dalam sector social, arus kas per x ) yang mempunyai dampak tunggal paling besar.
  • Perusahaan baik-menjadi-hebat menetapkan sasaran dan strategi berdasarkan pada pemahaman, perusahaan pembanding mentapkan sasaran pada pemahaman, perusahaan pembanding menetapkan sasaran dan strategi mereka berdasarkan pada mulut besar.
  • Memperoleh konsep landak adalah proses berulang-ulang. Dewan dapat merupakan alat yang bermanfaat.
  • Perusahaan baik-menjadi-hebat lebih mirip landak —makhluk sederhana, tidak rapi yang mengetahui “satu hal yang besar” dan tetap berpegang padanya. Perusahaan pembanding lebih menyerupai rubah —makhluk yang terampil, cerdik yang mengetahui banyak hal tetapi tidak mempunyai konsistensi.
  • Secara rata-rat perusahaan baik-menjadi-hebat memerlukan waktu empat tahun untuk memperoleh konsep landak.
  • Strategi saja tidak memisahkan perusahaan baik-menjadi-hebat dari perusahaan pembanding. Kedua set mempunyai strategi, dan tidak ada bukti bahwa perusahaan baik-menajdi-hebat meluangkan waktu lebih banyak untuk menyusun rencana strategis ketimbang perusahaan pembanding.
  • Anda secara mutlak tidak perlu berkecimpung dalam industry yang hebat untuk memproduksi hasil hebat berkelanjutan. Tidak peduli seberapa buruk industrinya, setiap perusahaan baik-menjadi-hebat dapat mebanyangkan cara memproduksi hasil ekonomi yang benar-benar superior.

Inspirator Academy - Book Review - Good to Great oleh Jajang Hidayat