Book - Financial RevolutionJudul: Financial Revolution

Penulis: Tung Desem Waringin

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit: Mei 2007 (Cetakan Keenam)

ISBN: 979-22-1612-X

Book Reviewer: Diyah Febrikawati Ratna Dhahita

 

Bab awal pada buku ini didahului dengan pertanyaan pilihan dan isian. Pertanyaan seputar uang yang beredar dan pekerjaan yang paling aman. Menurut Marshall Silver dalam bukunya Passion, Profit & Power, ternyata hanya 1 % orang yang menguasai 50% uang yang beredar di dunia. Dan ternyata hanya 5% orang yang menguasai 90% uang yang beredar. Serta bila uang yang ada di seluruh dunia dibagi rata, setiap orang akan menerima USD 2.400.000 atau sekitar Rp. 24 miliar (dengan asumsi 1 USD= Rp. 10.000) (Wealth Mastery, Singapore 2001).

Sebagaimana yang diramalkan Marshall Silver, dalam lima tahun sejak semua orang mendapat bagian dari uang yang dibagi rata, komposisi akan kembali ke angka semula. Kenapa hal ini terjadi? Perbedaannya akan tampak dari jawaban atas pertanyaan di dalam kepala kita, yang pasti muncul saat kita menerima uang. Ada banyak hal yang menyebabkan orang tidak kaya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keyakinan yang salah atau saling bertabrakan.
  2. Tujuan tidak jelas.
  3. Menganggap tujuannya mustahil.
  4. Tidak merasa harus.
  5. Tak punya strategi yang terbukti berhasil.
  6. Tidak mengetahui jalur yang alamiah atau paling mudah untuk mencapai tujuan.
  7. Tidak punya rencana realistik.
  8. Tidak melakukan tindakan sesuai dengan rencana.
  9. Tidak melakukan monitor dan penyelarasan.
  10. Meletakkan tanggung jawab kepada orang lain.
  11. Mudah mennyerah.
  12. Tidak mengelola hidup seperti bisnis yang harus untung.
  13. Terpengaruh oleh pesimisme dan optimisme orang lain.
  14. Tidak punya mentor yang baik.

Pada bagian kedua, penyebab orang yang tidak kaya akan dibalik menjadi kaya dengan cepat dan aman. Hal-hal tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Keyakinan benar dan bulat untuk menjadi kaya

Keyakinan adalah sesuatu yang berada dalam benak kita. Suatu keyakinan harus positif. Ada siklus antara keyakinan, tindakan, potensi yang dipergunakan dan hasil. Apabila kita yakin bisa mencapai apa tujuan kita, maka tindakan dan potensi akan bekerja lebih banyak. Namun yang akan terjadi adalah sebaliknya jika kita memiliki keyakinan yang kecil.

Mencapai tujuan yang jelas dan mantap

Prinsip dalam menentukan tujuan adalah dalam kata-kata, spesifik dan harus tertulis.

Menumbuhkan keyakinan untuk mencapai tujuan

Hal-hal yang perlu dilakukan agar kita memmiliki keyakinan yang kuat dan mampu mencapai tujuan adalah menyusun ulang kalimat aturan dalam hati, tahu kenapa yakin mampu mencapai tujuannya, ciptakan mantra atau kalimat afirmasi (incantation), visualisasi (menempelkan gambar, foto, tulisan yang ingin kita capai dan kata-kata penyemangat), serta dengan iman dan doa.

Harus mencapai tujuan

Ada dua hal yang harus ditempuh agar kita merasa harus mencapai tujuan kita. Yaitu dengan mengetahui kerugian dan keuntungannya. Kita harus tahu kerugian yang akan terjadi jika kita tidak melakukannya. Serta keuntungan yang akan terjadi jika kita melakukannya. Hal yang kedua adalah “mengalami” penderitaan dan kenikmatan. Bayangkan dan rasakan secara detail jika kita merasakan sebuah penderitaan serta bayangkan dan rasakan secara detail pula jika kita mengalami kenikmatan.

Strategi untuk kaya dengan cepat dan aman.

Ada rumus untuk mendapatkan banyak uang yaitu ADDED VALUE x LEVERAGE. Artinya adalah untuk mendapatkan uang yang banyak adalah dengan memadukan antara nilai tambah dan leverage. Leverage adalah alat bantu untuk mempercepat pencapaian tujuan. Ada beberapa hal yang bisa kita beri laverage yaitu RICE (Resources/sumber daya, Idea/gagasan, Contact/Kenalan, Expertise/Keahlian). Beberapa cara agar kita bisa menjadi cepat kaya yaitu dengan:

  1. Mengusahakan uang mengejar kita.

Lima unsur agar uang mengejar kita adalah kita harus mempunyai nilai tambah, harus dikomunikasikan, kepada orang yang tepat, dalam jumlah banyak, dan dengan cara yang tepat.

  1. Memanfaatkan faktor kali.

Dengan memanfaatkan faktor kali orang kaya dapat mengumpulkan ribuan kali lebih banyak dibanding orang biasa dalam waktu nyang sama.

Mengetahui jalur yang alamiah dan mudah bagi kita

Jika kita mengetahui jalur alamiah yang kita miliki, kita akan lebih mudah untuk mengumpulkan kekayaan. Ibarat memasukkan sebuah baut ke dalam mur yang cocok. Roger Hamilton membaginya menjadi 8 yaitu: Mechanic, Creator, Star, Support, Deal Maker, Trader, Accumulator dan Lord.

Membuat rencana yang realistik

Ada beberapa ide dalam membuat rencana yanglebih cepat:

  1. Langkah pertama dengan memilih strategi keluar Anda terlebih dahulu.
  2. Langkah kedua, cari bidang yang disukai atau mungkin akan kita sukai yang bisa menghasilkan kekayaan.
  3. Langkah ketiga, cari orang yang sudah berhasil mencapai impian untuk diajak kerjasama atau belajar kepada orang tersebut.
  4. Langkah keempat menggunakan faktor kali atau

Bertindak sesuai rencana, memonitor proses dan terus belajar

Terkadang setelah kita menyusun sebuah rencana akan timbul keraguan dan nantinya akan mulai enggan untuk melakukan tindakan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Ada beberapa langkah untuk mengatasinya, yaitu tuliskan goal dan bayangkan serta rasakan penderitaan yang amat detail dan emosional. Langkah kedua bayangkan, rasakan dan dengarkan kenikmatan dengan detail dan emosional pula. Langkah ketiga, tulis komitmen anda bahwa dalam suka maupun duka akan tetap menjalani rencana yang telah dibuat. Langkah keempat dengan melakukan incantation atau mantra. Berikutnya segera bekerja menuju goal kita.

Rencana yang sudah ditulis sebaiknya dimonitor setiap bulannya. Bukan hanya dilihat pada saat malam tahun baru. Selain itu kita juga harus bertanggung jawab untuk terus belajar dan bertindak.

Inspirator Academy - Book Review - Financial Revolution oleh Diyah Febrikawati

Related Post

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!